PRAKTIK MANAJEMEN KEUANGAN MASJID DAN POTENSI DANA MASJID

Main Article Content

Indria Puspitasari Lenap
Nur Fitriyah Nur Fitriyah
Zaenul Akhmad

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik manajemen keuangan dan potensi dana masjid yang miliki oleh masjid yang berada di pinggir jalan raya dan masjid yang berada di dalam pemukiman di Kota Mataram. Permasalahan yang dihadapi oleh pengurus masjid di kota mataram mengenai praktik manajemen keuangan dan potensi dana yang dimiliki masjid adalah belum adanya penggunaan PSAK 45 dalam pengelolaan keuangan masjid dan masih banyak masjid yang belum bisa memanfaatkan dengan baik potensi dana yang dimilikinya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pengurus masjid baik yang berada di pinggir jalan raya maupun di dalam pemukiman telah melakukan manajemen keuangan masjid dan menggali potensi dana masjid secara maksimal walaupun masjid di pinggir jalan memiliki potensi dana yang lebih besar. Berbagi strategi diterapkan oleh pengurus masjid dalam menggali potensi dana untuk melaksanakan seluruh kegiatan di masjid ada yang menggunakan strategi menjual Al Fatihah, ada yang menggunakan strategi door to door dan lainnya. Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam manajemen keuangan masjid dan potensi dana masjid yaitu bagian keuangan yang belum dipegang oleh orang yang berkompetensi dalam hal keuangan dan juga tidak adanya keterlibatan pemerintah dalam pendanaan masjid.


 

Article Details

How to Cite
Lenap, I. P., Nur Fitriyah, N. F., & Akhmad, Z. (2020). PRAKTIK MANAJEMEN KEUANGAN MASJID DAN POTENSI DANA MASJID. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 19(1), 69-88. https://doi.org/10.29303/aksioma.v19i1.88
Section
Articles

References

Adnan, M. A. 2005. Akuntansi Syariah: Arah Prospek dan Tantangannya. Yogyakarta: UII Press.
Andarsari, P. R. 2016. Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba (Lembaga Masjid). Jurnal Ekonomi Universitas Kediri, 1(2): 143-152.
Bahrudin, dkk. 2017. Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Pembangunan Masjid Darul Hidayah Desa AirKuning Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana. Jurnal Akuntansi, 8(2): 1.
Fatih, M. 2015. Implementasi Penyusunan Laporan Keuangan Pada Lembaga Nirlaba Yayasan Berdasarkan PSAK 45 (Studi Kasus Pada Yayasan Pesantren Global Tarbiyyatul Arifin Kecamatan Pakis Kabupaten Malang). Jurnal Akuntansi. 1(2): 11-8.
Hanafi, R. 2015. Akuntabilitas Dan Pengelolaan Keuangan Di Masjid Melalui Pendekatatan Fenomenologi (Studi Empiris Pada Masjid Nurusy Syifa’ Surakarta). [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.
Haq, J. A. A. & Dewi, M. K. 2013. Praktik Manajemen Keuangan Masjid dan Potensi Dana Masjid (Studi Kasus Pada Beberapa Masjid di Kota Bogor). [Skripsi]. Fakultas Ekonomi. Universitas Indonesia.
Jensen M. C. & Meckling, W. H. 1976. Theory of the Firm Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Hardvard of Business School.
Nikita, D.P. 2017. Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Masjid di Kota Maataram. [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram: Mataram.
Nurjannah. 2018. Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Masjid: PSAK No. 45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba (Studi Pada Masjid Al-Markaz Al-Islami Jenderal M. Jusuf). [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar: Makasar.
Nordiawan, D. 2006. Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.
Rini, R. 2018. Pengelolaan Keuangan Masjid di Jabodetabek. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, .6(2): 1-5.
Sari, M., Fitria, Y. & Mintarti, S. 2018. Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Organisasi Nirlaba. Jurnal Akuntansi. 15(2): 1-4.
Sochimin. 2015. Praktik Manajemen Keuangan Masjid Berbasis Pemberdayaan Ekonomi Umat Di Kota Purwokerto. [Laporan Penelitian]. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto 2015.
Suryanto, A & Saepulloh, A. 2016. Optimalisasi Fungsi dan Potensi Masjid: Model Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid di Kota Tasikmalaya. Iqtishoduna, 8(2).
Triyuwono, I. 2012. Akuntansi Syariah: Perspektif, Metodologi, dan Teori. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Yulianti, R. T. 2010. Transparansi Anggaran : Suatu Upaya Efisiensi dan Antisipasi Korupsi di Indonesia. Jurnal Ekonomi Islam La_Riba, Vol. IV, 239-250.