BALANCED SCORECARD (BSC) : REKAYASA PADA ENTITAS RUMAH SAKIT

Main Article Content

Lukman Effendy
Baiq Anggun Hilendri Lestari
ISNAWATI ROHYADI

Abstract

Kesuksesan Rumah Sakit tidak dapat dimotivasi atau diukur dalam jangka pendek dengan model manajemen keuangan tradisional saja. Balanced Scorecard merupakan kerangka kerja baru untuk mengintegrasikan ukuran yang diperoleh dari strategi. Dengan tetap mempertahankan ukuran keuangan sebelumnya, Balanced Scorecard memperkenalkan item tambahan yang meliputi konsumen, proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Balanced Scorecard lebih dari sekedar sistem pengukuran. Terdapat dua (2) tujuan utama dari penelitian ini, diantaranya : a) untuk mengetahui model penilaian kinerja Rumah Sakit dengan pendekatan Balanced Scorecard.; b) untuk mengetahui besaran bobot dan skor untuk penilaian kinerja Rumah Sakit dengan pendekatan Balanced Scorecard. Tujuan tersebut akan dicapai dengan cara memetakan hasil-hasil penelitian sebelumnya yang telah mencoba mengukur kinerja Rumah sakit dengan pendekatan Balanced Scorecard (BSC) guna mendesain model pengukuran yang umum dan bisa digunakan sebagai acuan di entitas Rumah Sakit. Selain itu juga penelitian ini juga mencoba merumuskan besaran bobot dan skor khusus untuk entitas Rumah sakit untuk setiap perspektif yang dinilai dengan pendekatan BSC. Kesimpulan dalam penelitian ini antara lain: rumusan minimal penilaian kinerja Rumah Sakit yaitu: a) Perspektif Keuangan minimal menilai tingkat ekonomis, efisiensi, tingkat eketifitas dan tingkat lancar dari keuangan Rumah Sakit; b) Perspektif Pasien lebih pas dinilai dengan cara melihat tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Rumah Sakit; c) Perspektif Bisnis Internal lebih pas dinilai dengan cara melihat mutu layanan Rumah Sakit dari sisi ALOS, BOR, TOI, BTO, GDR dan NDR Rumah Sakit; d) Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran dapat dilihat dengan cara menilai tingkat kepuasan karyawan, tingkat retensi dan tingkat motivasi yang dimiliki oleh karyawan Rumah Sakit. Kriteri pemberian skor untuk masing-masing perspektif penilaian kinerja Rumah Sakit dengan pendekatan BSC bervariasi yang dapat didasarkan pada aturan Menteri Kesehatan, konsep teori dari komponen yang dinilai serta dapat juga menggunakan target capaian dari Rumah Sakit.

Article Details

How to Cite
Lukman Effendy, Baiq Anggun Hilendri Lestari, & ROHYADI, I. (2020). BALANCED SCORECARD (BSC) : REKAYASA PADA ENTITAS RUMAH SAKIT. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 19(1), 155-182. https://doi.org/10.29303/aksioma.v19i1.91
Section
Articles

References

Ariantari, Luh Putu Diah ; Suhaedi, Wirawan ; Isnawati. 2019. Analisis Kinerja Rumah Sakit dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Mataram.

Aurora, Novella; Raharja. 2010. Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Pengukuran Kinerja (Studi Kasus Pada RSUD Tugurejo Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro Semarang.

Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Kinerja. Bandung : Alfabeta.

Garrison, Ray H. dan Eric W. Noreen. 2000. Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Halim, Abdul, Achmad Tjahjono, dan Muh. Fakhri Husein. 2000. Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1981/Menkes/SK/XII/2010 tentang Pedoman Akuntansi Badan Layanan Umum (BLU) Rumah Sakit.

Kothari, C.R. (2004). Research Methodology Methods & Techniques. New Delhi: New Age International (P) Ltd.

Lestari, Sri; . 2016. Pengukuran Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong Tahun 2013 dan 2014. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Andi, Yogyakarta.

Nuraeni ; Hilendria, Baiq Anggun ; Isnawati. 2019. Pengukuran Kinerja Strategik: RSUD Patut Patuh Patju Kabupaten Lombok Barat. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1171/Menkes/PER/VI/2011 tentang Sistem Informasi Rumah Sakit.

Rikamsari, Yopi ; Satibi ; Andayani Tri Murti . 2014. Pengaruh Kinerja Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Jurnal Manajemen dan pelayanan Farmasi, Volume 4 Nomor 2-4 Juni. Yogyakarta.
Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen. Jakarta : Erlangga.

Sibarani, Antoni; Zahara, Nani Halima; . 2012. Implementasi Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Pada Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bengkulu. Ekonomi Review. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dehasen Bengkulu.

Ulum . Ihyaul 2009. Intellecual Capital Konsep dan Kajian Empiris. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Yuwono, Sony. 2002. Petunjuk Praktik PenyusunanBalaned Scoredcard Menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.