FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN E-MONEY PADA GENERASI MILENIAL
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini telah banyak mempengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat yang menawarkan berbagai kemudahan diantaranya adalah kemudahan dibidang financial technology utamanya e-money. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi minat penggunaan e-money pada generasi milenial. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusantara PGRI Kediri yang berjumlah 365 mahasiswa yang mana mahasiswa merupakan representasi generasi milenial saat ini. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria responden pernah mempergunakan fintech berupa digital payment atau e-money. Analisis data menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan, literasi digital, fitur layanan dan kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan e-money pada generasi milenial.
References
Ginting, R. M., Purba, M. L., & Sucipto, T. N. (2021). Efek Persepsi Mudah Digunakan, Tingkat Efisiensi Dan Potensi Ketidakamanan Terhadap Ketertarikan Melakukan Transaksi Dengan Mempergunakan Fintech. Financial: Jurnal Akuntansi, 7(1), 59–68. https://mail.financial.ac.id/index.php/financial/article/view/242
Gozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9 (9th ed.). Universitas Diponegoro.
Kurnianingsih, H., & Maharani, T. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan E-Money di Jawa Tengah. Akuntoteknologi : Jurnal Ilmia Akuntansi Dan Teknologi, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.7934
Mudrikah, A. (2021). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan terhadap Minat Penggunaan Produk Finansial Teknologi pada Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara. ETNIK : Jurnal Ekonomi - Teknik, 1(2), 57–68.
Parjiman. (2021). Peran Financial Technology Dalam Dunia Bisnis di Era Pandemi. Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Saleh, M., F Sari, F., & Syamsulriyadi. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Kualitas Pembelajaran Keuangan Terhadap Penggunaan Fintech Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi Universitas Fajar. Jurnal Manajemen Dan Organisasi Review (MANOR), 2(2), 94–106. https://journal.unifa.ac.id/index.php/manor/article/view/243
Simarmata, J., Sihotang, J., Karim, A., & Purba, R. (2021). Literasi Digital (R. Watrianthos (ed.)). Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=A1JHEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA51&dq=literasi+digital&ots=hBcF6BQT-l&sig=PDCQ-kGU_xxJYkSEnxxbT4H24JU&redir_esc=y#v=onepage&q=literasi digital&f=false
Sugiarti, E. N., Diana, N., & Mawardi, M. C. (2019). Peran Fintech Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Di Malang. E-JRA, 8(4), 90–104.
Yusuf, R., Sanusi, Maimun, Hayati, E., & Fajri, I. (2019). Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model Project Citizen. Prosiding Seminar Nasional Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia, 185–199.