ANALISIS DETERMINAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Abstract
Information system user satisfaction can be used as a measure of the success of an information system in a company. In this modern era, companies are always trying to meet the needs of information system users, so as to increase information system user satisfaction. By increasing user satisfaction, it is hoped that performance will be more optimal, which will have an impact on the company. This research was conducted with the aim of knowing the effect of information system quality, perceived user convenience, user participation, and service quality on user satisfaction of accounting information systems at Krisna Holding Company. The sample in this study were 40 employees who used an accounting information system based on a purposive sampling method. The analysis technique used in this study is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that service quality has a positive effect on user satisfaction of accounting information systems; while the quality of information systems, perceived ease of use and user participation do not affect the satisfaction of users of accounting information systems. The implication of this research is that later it can be used as a reference in making policies related to the development of human resource capabilities related to the use of the system and improving the quality of the system to make it more user friendly.
References
Asnawi, M. F. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Dan Partisipasi Pengguna Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem: Studi Kasus Pada Bagian Operasional Vsat Ip Pt. Semesta Citra Media. Jurnal Lentera ICT, Vol 2, No. 1, pp. 37-50.
Aulia Ridho, R., & Suwarno, A. E. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Keterlibatan Pengguna, Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, dan Perceived Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna Software Akuntansi (Studi Empiris pada Kelurahan di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Bhuana, P. E. 2017. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Dukungan Manajemen Puncak, Dan Partisipasi Pemakai Sistem Informasi Akuntansi Pada Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer Di PT. Mensa Binasukses Cabang Denpasar. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Buana, I. B. G. M., & Wirawati, N. G. P. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol 22, No. 1, pp 683-713.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. 2003. Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable. Information Systems Research, pp. 60-95.
DeLone, W., and McLean, E. R. (1992). Information System Success: The Quest for The Dependent Variable. Information System Research.
Eka Safitri, R. A. H. M. A. D. A. N. I. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Website Fakultas Sains Dan Teknologi Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Webqual 4.0 (Doctoral Dissertation, Uin Raden Fatah Palembang).
Krisnawati, P. N. S., Sunarwijaya, I. K., & Adiyadnya, M. S. P. (2022). Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Pada Lembaga Perkreditan Desa Di Kecamatan Kuta Selatan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (Kharisma), 4(3), 12-22.
Luthfi, M. I. A. (2020). Pengaruh Kualitas Informasi, Perceived Usefulness, dan Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi.
Paramitha, M. (2017). Pengaruh Kualitas System Informasi,Kualitas Informasi, Pastisipasi Pengguna, Kemampuan Personal, Pelatihan Dan Pendidikan Terhadap Kepuasan Pengguna System Informasi Akuntansi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di Wilayah Tanggerang). Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis Universitas Multimedia. Tangerang.
Pawirosumarto, S. (2016). Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna sistem e-learning. Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(3), 416-433.
Petter, S., DeLone, W., & McLean, E. (2008). Measuring information systems success: models, dimensions, measures, and interrelationships. European journal of information systems, 17(3), 236-263.
Prabawati. 2019. Pengaruh Partisipasi Pemakai, Dukungan Manajemen Puncak, Program Pelatihan Dan Pendidikan Serta ukuran Organisasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Di Pt Tohpati Poultry. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Putra, M. R. S., Priono, H., & Budi, G. S. (2018). Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekuivalensi, Vol 2, No. 2, pp. 21-40.
Rahman, G. A. (2021). Pengaruh Variabel Tam, Persepsi Resiko, Pengaruh Sosial Terhadap Kepuasan Dan Penggunaan Kembali Secara Terus Menerus Aplikasi Mobile Banking Bank Kalsel (Studi Pada Bank Kalsel Cabang Utama Banjarmasin). Jabe (Journal Of Applied Business And Economic), 7(4), 508-520.
Sanjaya, A. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Sia. Usbypkp. Ac. Id Di Universitas Sangga Buana Ypkp Bandung (Doctoral Dissertation, Universitas Sangga Buana Ypkp Bandung).
Setyowati, E. O. T., & Respati, A. D. (2017). Persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, computer self efficacy, dan kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 63-75.
Sutopo, A. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Informasi, Dukungan Top Management, Perceived Usefulness, dan Pelatihan Pengguna SIA terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara).
Tjoanoto, M. T. (2013). Pengaruh service quality terhadap customer satisfaction di restoran Jade Imperial. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1).
Ulfah, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pemakai Akhir Sistem Informasi Akuntansi (Studi Empiris Pada Bank Perkreditan Rakyat Di Kota Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).