ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN ATAS PERSEDIAAN BARANG GUDANG DI BINTANG FLORES HOTEL

  • Isabela Orati Jeni Politeknik eLBajo Commodus
  • Agus Wahyudi Akuntansi Perpajakan, Politeknik eLBajo Commodus, Labuhan bajo, Indonesia
Keywords: Inventory, Goods Receipt, Goods Release, Internal Control

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sistem pengendalian internal dalam prosedur penerimaan dan pengeluaran persediaan gudang di Hotel Bintang Flores. Penelitian menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dimulai dengan pengamatan langsung terhadap proses atau prosedur penerimaan dan pengeluaran barang di Hotel Bintang Flores, melakukan wawancara dan dokumentasi, kemudian menganalisis data, menguji validitas data dan menarik kesimpulan. Tahap selanjutnya adalah memberikan rekomendasi dan saran mengenai prosedur penerimaan dan pengeluaran barang di Hotel Bintang Flores serta analisis terkait sistem pengendalian internal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penerimaan dan pengeluaran barang di Hotel Bintang Flores belum dilakukan secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari saat menerima tidak adanya dokumen Purchase order (P0) sebagai dokumen pendukung dalam pengecekan jenis, harga dan jumlah barang yang dipesan. Selanjutnya, dalam prosedur pengeluaran barang, tidak ada staf gudang khusus yang bertugas mencatat atau merekapitulasi setiap persediaan yang keluar dari gudang, selain itu tidak ada pengawasan khusus yang dilakukan oleh cost controller dalam proses penerimaan dan pendistribusian barang. Sistem pengendalian internal belum sepenuhnya terimplementasi dengan baik, seperti kegiatan pengendalian, penilaian risiko dan pemantauan belum dilaksanakan secara optimal.

References

Insani, Y. D., & Setiyariski, R. (2020). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Front Office Department Melalui Tugas dan Tanggung Jawab Concierge Pada Hotel Savoy Homann. Jurnal Kajian Pariwisata, 2(1).
Liati, N. A. (2023). Prosedur Sistem Penerimaan Dan Pengeluaran Barang Pada Gudang Emersia Hotel & Resort Bandar Lampung.
Marlina, K., & Dewi, E. P. (2020). Analisis Efektivitas Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagang Toko Bangunan Rajawali Steel. Jurnal Buana Akuntasi, 5(2), 13-25.
N Nurranto, H., et al. (2023). Evaluasi terhadap prosedur penerimaan dan pengeluaran barang dengan Sistem pengendalian internal di pt suzuya. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (JEKMA), 2(2), 120-129.
Rahayu, N. K., & Arnawa, I. P. (2023). Analisis Pengendalian Internal Prosedur Penerimaan Dan Pengeluaran Barang di Hotel X. Journal of Accounting and Hospitality.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Said, M. A. S., & Kilay, T. N. (2023). Analisis Penerapan Sistem Informasi Penerimaan Dan Pengeluaran Barang (Studi Kasus Pada PT Araz Inti Line). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 8(4).
Seniman, A. (2022). Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Bintang Flores Hotel. SMKN 1 Labuan Bajo.
Siregar, Y. (2019). Analisis Pengendalian Internal Prosedur Penerimaan dan Pengeluaran Persediaan pada PT. OSI Electronics Batam. Jurnal Dimensi, 8(1), 167-175.
Yanti, N. L. (2023). Analisis Pengendalian Internal Penerimaan Dan Pengeluaran Barang Persediaan Gudang Pada Harris Hotel & Residences Riverview Kutaharris Hotel & Residences Riverview Kuta. (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Bali).
Published
2024-06-20
How to Cite
Isabela Orati Jeni, & Agus Wahyudi. (2024). ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN ATAS PERSEDIAAN BARANG GUDANG DI BINTANG FLORES HOTEL. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 23(1), 125-135. https://doi.org/10.29303/aksioma.v23i1.293