Case-Based Learning dalam Pembelajaran Akuntansi Sektor Publik
Abstract
This study aims to examine the effect of the application of case-based learning methods and motivation on the understanding of public sector accounting with emotional intelligence as a moderator. The population of this study is undergraduate accounting department students who have taken public sector accounting courses at Warmadewa University. The sampling technique in this study was purposive sampling with certain criteria such as students who have taken public sector accounting courses. Research design is survey research design by distributing questionnaires to respondents. Data analysis uses moderated regression analysis (MRA). The results of this study indicate that the application of case-based and motivational learning methods significant positive effect on the understanding of public sector accounting, and proved that emotional intelligence is able to moderate the effect of the application of case-based learning methods and motivation towards understanding public sector accounting.
References
Atmadja, Anantawikrama T., dan K. Adi Kurniawan Saputra. (2015). The Effect of Total Quality Management, Emotional Intelligence, Critical Sociology, Creativity and Mentality of Education Accounting. International Research Journal of Finance and Economics. Issue 139. Page. 47-61.
Bastian, Indra. (2010). Akuntansi Sektor Publik ; Suatu Pengantar. Penerbit Erlangga.
Bolgna, J. G., dan Linquist, R. J. (1995). Fraud Auditing and Forensic Accounting. New York: Wiley.
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. 2004. Praktik Baik dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi: Buku I tentang Proses Pembelajaran. Jakarta.
Fitriaman. 2006. Perilaku Etis Auditor Internal Pemerintah dalam Perspektif ESQ. Tesis Program Studi Akuntansi, Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.
Gaspersz, Jefry. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Akuntansi Berbasis ProblemTerhadap Peningkatan Softskills Mahasiswa Jurusan AkuntansiPada PTN dan PTS di Kota Ambon. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Vol.4, No.1, Hal: 1- 10
Ghozali, Imam. (2009). Ekonometrika: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Goleman, Daniel. 2000. Working With Emotional Intelligence. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama
Hafsah. (2013). Pengaruh IQ dan EQ Terhadap Prestasi PembelajaranKomputerisasi Akuntansi pada Mahasiswa JurusanAkuntansi Fakultas Ekonomi UMSU Medan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. Vol. 13, No. 2, Hal. 152-173.
Handoko, Hani T, dan Reksohadiprodjo Sukanto.(1996). Organisasi Perusahaan. Edisi kedua Yogyakarta : BPFE
Harsono. Dwiyanto, Djoko. (2005). Pembelajaran Berpusat Mahasiswa. Pusat Pengembangan, Pendidikan Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.
Haryanto. (2007). Teori Yang Melandasi Pembelajaran Konstruktivistik. Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNY
Hopwood, William S., et al. (2008). Forensic Accounting. By The McGraw-Hill Companies, Inc., 1221 Avenue of the Americas, New York, NY,10020.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Untuk Akuntansi dan Manajemen). BPFE Yogyakarta.
Iprianto. (2009). Tesis :Persepsi Akademisi dan Praktisi Akuntansi terhadap Keahlian Akuntan Sektor publik. Program Studi Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro: Semarang
Melandy, Rissyo RM, Fitri Widiastuti, Nurna Aziza, (2007). Sinkronisasi KomponenKecerdasan Emosional dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat PemahamanAkuntansi dalam Sistem Pendidikan Tinggi Akuntansi, SNA X Makassar.
Moerista, Jeany Vidya. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Student-Centered Learning,Cooperative Learning, Case-Based Learning Terkait PemahamanMahasiswa Pada Pembelajaran Akuntansi Keperilakuan. JurnalFakultas Ekonomi & Bisnis,Universitas Dian Nuswantoro Semarang
Mutmainah, Siti. (2009). Jurnal Fakultas Ekonomi: Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus yang Berpusat pada Mahasiswa terhadap Efektivitas Pembelajaran Akuntansi Keperilakuan. Universitas Diponegoro: Semarang.
Rachmi, Filia. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional, KecerdasanSpiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap TingkatPemahaman Akuntansi(Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta).Skripsi.Universitas Diponegoro.
Rezaee, Z., Reinstein, A., dan Lander, G. H. (1996).Integrating Forensic Accountinginto The Accounting Curriculum. Accounting Education, 1, 147–162.
Rezaee, Z., dan Burtin, E. J. (1997). Forensic Accounting Education: Insights from Academicians and Certified Fraud Examiner Practitioners.Managerial Auditing Journal, 12, 479–489.
Rezaee, Z. (2002). Forensic Accounting Practices, Education, and Certifications.Journal of Forensic Accounting, 3, 207–223.
Rismawati, dan Jumawan Jasman. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif BerbasisKasus yang Berpusat pada Mahasiswa TerhadapEfektivitas Pembelajaran Perpajakan. Jurnal Akuntansi, Vol. 01, No. 02. Hal.65-83.
Rumate, Frans A. (2005). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Bagian Kegiatan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Dirjen Dikti
Said, Fairuz El. (2005). .Artikel Pendidikan: Konsep SCL (Student Centered Learning). 28 Agustus 2010.
Saputra, K.A.K. (2014). Analisis Pengaruh Locus Of Control Terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja Internal Auditor dengan Kultur Lokal Tri HitaKarana Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, Vol. 3, No.1.
Saputra, K.A.K., E. Sujana, dan G.M. Tama. (2018). Perspektif Budaya Lokal Tri Hita karana dalam Pencegahan Kecurangan pada Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Akuntansi Publik, Vol.1, No. 1
Saputra, Komang Adi Kurniawan., Putu Budi Anggiriawan., dan I Nyoman Sutapa. (2018). Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa DalamPerspektif Budaya Tri Hita Karana.Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga, Vol. 3. No. 1 (2018) 306-321.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.
Supardi. (2011). Pengaruh Penerapan Metode PembelajaranBerpusat pada Mahasiswa, Pembelajaran berbasis Kasus, dan Pembelajaran Kooperatifterhadap efektifitas pembelajaran Akuntansi Keuangan Lanjutan II. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Bengkulu.
Suprianto, Edy dan Septian Harryoga. (2015). Faktor-faktor Penentu Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 18, No.3, Hal.75-90.
Suryaningrum, Sri dan Trisnawati, Eka Indah. (2003). “Pengaruh KecerdasanEmosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”, Simposium NasionalAkuntansi VI, Surabaya.
Suryaningrum, S., Heriningsih, Sucahyo, dan Afufah, Afifah. (2004). “PengaruhPendidikan Tinggi Akuntansi Terhadap Kecerdasan Emosional”, SimposiumNasional Akuntansi VII, Denpasar.
Tuanakotta, Theodorus M. (2012). Akuntansi Sektor publik dan Audit Investigatif. Penerbit: Salemba Empat.
Upami, Lilik. (2012). Pengaruh Gaya Belajar Motivasi, dan Pemahaman Akuntansi TerhadapIndeks Prestasi Mahasiswa Akuntansi. Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali HajaiTanjungpinang
Usman, Umedi. (2007). Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan pada Perusahaan Rokok di Jawa Timur. Disertasi Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, Malang.
Wulandari, Soliyah. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar Dan ModelPembelajaran Konstruktivisme Terhadap Prestasi BelajarMahasiswa Kelas Reguler Fakultas Ekonomi Dan BisnisUIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 4, No. 1, Hal. 37-48.